Memilih Speaker yang bagus

memilih speaker yang bagus

Bagi anda yang hobi elektronika (apalagi yang suka utak-atik sound) mungkin tulisan ini bisa dijadikan referensi dalam memilih speaker. Memilih speaker memang gampang-gampang susah. Gampang dalam artian speaker sekarang mempunyai kualitas yang sudah bisa diandalkan. Susahnya, terlalu banyak speaker yang beredar, sehingga membuat kita bingung sendiri dalam memilihnya. Oleh karena itu disini saya akan sedikit sharing pengalaman mengenai hal milih memilih speaker ini.

Ok, langsung saja, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih speaker:

  1. Tentukan kebutuhan penggunaan speaker tersebut, apakah akan digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan, karena jenis untuk hal tersebut berbeda. Untuk speaker yang digunakan diluar ruang, pilih yang jenis full range artinya sumua nada akan diciptakan oleh speaker ini. Dengan menggunakan jenis full range ini, nada yang tercipta tidak akan hilang, baik itu nada rendah maupun nada tinggi. Tetapi kekurangannya, speaker full range nada yang tercipta kurang empuk. Sedangkan jika anda ingin membeli speaker untuk digunakan dalam ruangan pilihkan jenis woofer (bukan sub woofer, karena berbeda jenis), dengan woofer maka nada rendah akan bisa terdengar dengan lebih empuk dan halus. Jika speaker ini digunakan diluar ruangan maka nada rendah akan hilang.
  2. Semakin besar diameter speaker, semakin rendah nada yang bisa dihasilkan, tetapi tentunya membutuhkan daya amplifier yang besar. 8-10 inchi sudah cocok untuk rumah, tetapi ukuran 14 inchi masih kurang besar untuk penggunaan panggung kecil. Minimal 18 inchi. Jadi sesuaikan saja, jika anda ingin menggunakan didalam kamar, maka 10 inchi sudah lebih dari cukup, dari pada nanti malah dimarahi nyokap karena brisik dengerin MP3 yang anda puter.
  3. Speaker yang mempunyai magnet besar biasanya mempunyai kualitas yang bagus, tetapi harganya biasanya juga mengikuti, artinya lebih mahal.
  4. Carilah speaker dengan daya yang besar. Jangan terkecoh dengan daya besar yang tercantum dilabel (stiker). Perhatikan dengan lebih jeli lagi. Ada speaker yang mencantumkan kemampuan daya langsung di magnetnya, tetapi banyak pula yang menuliskan diatas kertas stiker. Cari saja yang langsung tertulis di magnet, karena itu adalah daya asli dari speaker tersebut. Anda lebih baik memilih daya 150 watt yang tertulis langsung di magnet dari pada daya 300 watt tetapi tertulis diatas kertas stiker.
  5. Speaker tidak akan menghasilkan suara bagus jika berdiri sendiri, jadi walaupun anda membeli speaker semahal apapun, jika nantinya tidak didampingi dengan midle range dan tweeter akan percuma.
  6. Perhatikan kelenturan dari daun speaker, semakin lentur biasanya akan menghasilkan nada rendah semakin empuk dan halus.
  7. Perhatikan merek juga. Carilah merek yang sudah dipercaya untuk produsen speaker.
  8. Spul yang besar mempunyai kualitas yang lebih bagus dan nantinya akan menghasilkan suara yang lebih keras.

Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: