JENIS-JENIS KERUSAKAN PADA AMPLIFIER

JENIS-JENIS KERUSAKAN PADA AMPLIFIER

MACAM” PENYAKIT AMPLIFIER DAN CARA MENEMUKAN KERUSAKANNYA.
TIPS BAGI-BAGI ILMU.
1. SUARA BERDENGUNG.
Sering kita mengalami Suara BERDENGUNG yang di akibatkan shotnya komponen transistor. Transistor yg sering bermasalah sering terjadi pada tr penguat akhir. hal ini di akibatkan karna pemakaian ampli yang terlalu panas, pemasangan speker yg terlalu banyak yg tdk sesuai dgn permintaan power atau watt power.
   2. SUARA SERAK.
Jika kta hidupkan ampli suara keluar. tapi keluarnya suara tidak bersih atau serak. pertama kita perlu mengecek speker. Coba pastikan speker benar2 bagus. 
Jika speker bagus, beraarti kerusakan terjadi pada ampli. dimana kerusakan sering terjadi pada putusnya resistor fuse 0,47 – 1 ohm. untk ampli besar watt resistor 5 watt. 
Tapi mau juga karena gembungnya salah satu elco catu daya, transistor penguat tengah juga sering shot atau hilang basis yg mengakibatkan suara serak.
  3. TIDAK ADA SUARA.
Pertama yg perlu di cek adalah speker jebol atau tidak?? Jika bgus, coba cek tegangan suplai dari catu daya, mungkin tidak keluar. Periksa skring/ fuse untuk out speker dari power. jika power yg memakai sistem protek,, pastikan protek bekerja atau tidak?? jika tidak bekerja maka sistem out sp dari power tidak akan keluar.nah kalau sdh begini, sebaiknya coba langsungkan speker dari out sp. Di situ kita akan tau apakah suara keluar atau tidak. jika keluar berarti protec speker rusak sistem kerjanya. 
                                            SELAMAT MENCOBA. 
    sumber:http://herinazri.blogspot.com/2012/02/macam-penyakit-amplifier-dan-cara.html

One thought on “JENIS-JENIS KERUSAKAN PADA AMPLIFIER

  1. Aray June 9, 2013 at 12:46 am Reply

    Gan,ada suara serak di PA aq,tpi suara serak itu cuma sbelah,PA aq stereo gan,udh aq ganti transistornya tpi msih aja serak,kira2 apanya ya gan,mhon bntuan nya gan.trims..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: